Home Pendidikan

Kerajinan Bahan Lunak Contoh, Pengertian Lengkap
Kerajinan Bahan Lunak Contoh, Pengertian Lengkap

Kerajinan Dari Bahan Lunak - Sebuah Kerajinan dari bahan lunak terbuat dari bahan yang biasanya mempunyai tekstur yang lunak baik secara alami ataupun secara buatan.

Benda kerajinan yang terbuat dari hasil kerajinan gambar diatas masuk dalam bagian karya seni rupa yang dibuat secara manual. Sehingga kamu yang masih pemula juga bisa membuatnya.

Beberapa bahan lunak yang biasa digunakan dalam proses pembuatan produk kerajinan, seperti contoh :

1. Kerajinan Dari Bahan Lunak Alami

Bahan lunak alami merupakan sebuah bahan lunak yang biasa diperoleh dari alam sekitar kita dan cara pengolahannya juga secara alami tidak di campur ataupun di kombinasikan dengan bahan baku buatan. Misalnya : bahan lunak alami yang sering ada di sekitar kita adalah serat alam, tanah liat dan kulit.

2. Kerajinan Dari  Bahan Lunak Buatan

Bahan lunak buatan merupakan bahan baku untuk sebuah karya kerajinan yang bisa di olah menjadi bahan lunak.

Terdapat berbagai macam Karya Kerajinan dari bahan lunak buatan yang dapat di buat berdasarkan bahan yang digunakan.

Contoh bahan lunak buatan berupa fiberglas, lilin, sabun, bubur kertas, gips, spons, dan lain sebagainya.

Berbagai macam Produk Kerajinan dari Bahan Lunak


Produk kerajinan yang terbuat dari bahan lunak sangat banyak, mulai dari kerajinan yang biasa kita gunakan untuk kebutuhan dirumah serta karya kerajinan untuk hiasan rumah dan lainnya

Berikut terdapat beberapa contoh produk kerajinan dari bahan lunak:

Contoh Kerajinan Bahan Lunak Dari Tanah Liat


Kerajinan Bahan Lunak Dari Tanah Liat
Kerajinan Bahan Lunak Dari Tanah Liat

Kerajinan keramik merupakan sebuah karya kerajinan yang bahan dasarnya terbuat dari tanah liat yang melalui proses yang di lalui seperti ( pilin, dipijit, butsir, pembakaran dan glasir) sehingga akan menghasilkan barang atau benda siap pakai serta benda hias rumah atau dinding yang indah.

Seperti Contohnya:  guci, gerabah, vas bunga, piring.

Contoh Kerajinan Bahan Lunak Dari Serat Alam


Kerajinan Bahan Lunak Dari Serat Alam
Kerajinan Bahan Lunak Dari Serat Alam

Bahan baku serat alam dapat menghasilkan sebuah kerajinan tangan yang bermacam-macam, seperti contohnya alas meja, tempat barang, tas, dompet, topi, dan lampu.

Dalam teknik pembuatan kerajinan dari bahan baku serat alam ini sebagian besar di buat dengan proses menganyam.

Baca juga : Pengertian Kewirausahaan Menurut Ahlinya

Kerajinan Bahan Lunak Dari Kulit


 Kerajinan Bahan Lunak Dari Kulit
Kerajinan Bahan Lunak Dari Kulit

Kerajinan Lunak ini menggunakan sebuah bahan baku yang berasal dari kulit mentah atau kulit sintetis yang sudah di olah.

Seperti Contohnya: dompet, tas, sepatu, wayang, jaket. Kulit ini biasanya dihasilkan dari hewan seperti berikut: kerbau, sapi, kambing, dan buaya dapat di jadikan sebagai bahan dasar dalam pembuatan kerajinan berbahan kulit.

Kerajinan Bahan Lunak Dari Gips


Kerajinan Bahan Lunak Dari Gips
Kerajinan Bahan Lunak Dari Gips

Gips adalah sebuah bahan mineral yang tidak bisa larut dengan air dalam waktu yang cukup lama bisa gips sudah menjadi padat.

Kandungan kimia di dalam gips terdiri atas beberapa jenis zat hidrat kalsium sulfat dan beberapa zat mineral seperti contoh:  borat, nitrat, karbonat dan sulfat yang bisa terlepas sehingga membuat gips dalam proses pengerasan akan terasa panas.

Dalam proses pembuatannya harus dicairkan terlebih dahulu jika ingin bentuk seperti yang kita inginkan dan kita juga harus membuat sebuah cetakan.

Jika Gips akan diproduksi dalam jumlah banyak, harus dibuat Sketsa model terlebih dahulu. Untuk semua produk gips biasanya diperlukan cetakan seperti yang sudah di jelaskan diatas.

Bahan utama dalam pembuatan cetakan ini adalah silicone rubber, akan tetapi yang paling mudah dicari adalah plastisin atau tanah liat.

Baca juga : Contoh Teks Eksplanasi Sosial

Kerajinan Bahan Lunak Dari Lilin


Kerajinan Bahan Lunak Dari Lilin
Kerajinan Bahan Lunak Dari Lilin

Dalam pembuatan kerajinan yang berbahan dasar lilin sebernanya cukup sederhana dan mudah, dapat dilakukan oleh setiap orang.

Jika kita ingin mengubah bentuk lilin menjadi sebuah benda kerajinan yang unik, tentunya terlebih dahulu lilin perlu dicairkan melalui proses pemanasan di atas api atau kompor.

Kerajinan bahan lunak dari sabun


Kerajinan bahan lunak dari sabun
Kerajinan bahan lunak dari sabun

Sebuah Kerajinan dari bahan baku sabun sangatlah unik, karena bahan dasar dalam pembuatan kerajinan lunak ini adalah sabun batangan yang biasa kita pakai untuk mandi. Disini ada dua cara mengolah sabun agar menjadi sebuah kerajinan tangan yang unik.

Yang pertama dengan cara mengukir sabun agar menjadi sebuah karya seperti contohnya tumbuhan, binatang, buah dan sebagainya.

Sedangkan dengan cara yang kedua kita bisa memarut sabut batangan tersebut sehingga menjadi bubuk, kemudian bubuk tersebut kita campurkan dengan sagu dan sedikit air

Dengan bubuk sabun yang telah kita parut tadi, kita bisa membuat sebuah adonan lalu membentuk adonan tersebut menjadi sebuah kerajinan yang unik.

Sekian dulu artikel dari saya yang membahas tentang pengertian serta contoh kerajinan bahan lunak alami dan kerajinan bahan lunak buatan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu.

Terimakasih sudah berkunjung.

Baca juga :

Tidak ada komentar

to Top