--> Contoh Teks Eksplanasi Sosial (Terlengkap dan Terbaru)
Home Pendidikan

Contoh Teks Eksplanasi Sosial – Sedang mencari Contoh Teks Eksplanasi Sosial untuk tugas bahasa indonesia? jika iya kamu datang di blog yang tepat. Sebab kali ini saya akan membahas Teks Eksplanasi Sosial sercara lengkap dan mendalam.

Seperti Tujuan dari teks eksplanasi yakni menjelaskan kenapa fenomena dapat terjadi dan sebab-akibat peristiwa tersebut. Sehingga gejala yang terjadi tidak hanya disaksikan sekilas saja, namun seharusnya anda jadikan contoh atau pelajaran.

Contoh Teks Eksplanasi Sosial





Sehingga dapat di jelaskan bahwa Teks Eksplanasi ialah teks yang berisi proses kenapa dan bagaimana sebuah peristiwa dapat terjadi.

Nah disini saya akan berikan contoh teks eksplanasi sosial singkat beserta strukturnya tentang kemiskinan dan pengangguran.

Baca juga : Pengertian Kewirausahaan

Contoh Teks Eksplanasi Sosial Yang Pertama


Pernyataan Umum

Kemiskinan adalah tingkat penghasilan masyarakat yang rendah sampai-sampai tidak dapat memenuhi keperluan pokok keseharian (makan, lokasi tinggal, pendidikan, dan lainnya).

Umumnya masyarakat kurang mampu, biasa bermukim di sebuah gubuk, kolong jembatan, bantaran kali. Tak jarang masyarakat miskin membina sendiri lokasi tinggal di atas tanah kepunyaan Negara.

Kemiskinan terjadi di semua dunia dan tidak sedikit negara berkembang yang memiliki masalah kemiskinan ini.

Urutan Sebab Akibat

Kemiskinan terjadi karena sejumlah faktor, salah satunya yakni keterbatasan kelengkapan edukasi dan pemenuhan keperluan sehari-hari, dari :


  • Bangkrut, musibah, perbudakan, struktur sosial pun menjadi hal penyebabnya.
  • Struktur sosial dan perilaku menjadi kekuasaan faktor masalah kemiskinan.
  • Perilaku konsumtif, gengsi, pengeluaran duit tidak cocok dengan pemasukan pun termasuk.


Faktor struktur sosial mengarah untuk masalah turun temurun (terutama masalah edukasi orang miskin). Perilaku gengsi, sampai-sampai masyarakat lebih mementingkan kemauan daripada kebutuhan.

Dibalik itu, tidak sedikit usaha yang dilaksanakan oleh masyarakat dan pemerintah untuk menanggulangi kemiskinan. Contohnya yaitu mendongkrak upah minimum kerja, memperluas lapangan pekerjaan, edukasi gratis, lokasi tinggal dengan harga terjangkau.

Hal tersebut harus didukung dengan perilaku masyarakat yang tidak menghamburkan uang, menghindari gengsi, menabung, dan menolong orang di sekitarnya.

Sehingga kerjasama masyarakat dan pemerintah saling sejalan demi menanggulangi kemiskinan.

Interpretasi

Seharusnya di Indonesia tidak butuh ada kemiskinan, jika kita dapat menerima serta bersyukur terhadap apa yang dimiliki.

Sifat-sifat buruk laksana yang dinamakan diatas mesti anda hilangkan, dan kerjasama pemerintah dan masyarakat sangat urgent dalam menghilangkan kemiskinan di Indonesia.

Baca juga : Pengertian dan Contoh Kalimat Infiks

Contoh Teks Eksplanasi Sosial Ke Dua


Pernyataan Umum

Pengangguran ialah fenomena sosial yang bersangkutan dengan aspek ketenagakerjaan yang menjadi problem di masyarakat. Sudah tidak sedikit usaha yang diupayakan untuk menanggulangi masalah ini, namun belum teratasi. Pengangguran tidak terjadi terjadi di Indonesia, melainkan nyaris di seluruh negara.

Ada yang menafsirkan bahwa pengangguran adalah orang dewasa yang tidak bekerja dan sedang menggali pekerjaan atau tidak mempunyai pekerjaan secara formal dan tidak menemukan penghasilan.

Badan Pusat Statistik (BPS) memberikan pengertian tentang pengangguran yakni orang-orang yang bekerja tidak cukup dari 1 jam masing-masing minggu.

Urutan Sebab Akibat

Salah satu hal dasar yang menjadi penyebab terjadinya pengangguran yakni kesenjangan antara pencari kerja dan peluang kerja.

Perubahan struktural dalam perekonomian pun menjadi karena pengangguran. Sehingga evolusi tersebut mengakibatkan timbulnya keperluan kepada tenaga kerja dengan tingkat kemampuan yang beragam. Sehingga pencari kerja tidak dapat mendapat pekerjaan sebab tidak cocok dengan tuntutan.

Dan tak jarang pengangguran juga diakibatkan karena pemutusan hubungan kerja terhadap karyawan dan buruh. Pengangguran mengakibatkan sekian banyak persoalan ekonomi dan sosial.

Sehingga bilamana jumlah pengangguran banyak, tentu akan timbul kekacauan sosial, jumlah gelandangan menambah dan potensi kriminal semakin tinggi.

Interpretasi

Sehingga pengangguran adalah masalah besar yang mesti segera diatasi, salah satunya dengan memperbaiki situasi lapangan pekerjaan.

Di samping itu, membetulkan komposisi alumni sarjana yang didapatkan dan dicocokkan dengan keperluan pasar tenaga kerja dapat mengurangi pengangguran. Atau kita dapat memberikan kemampuan yang memadai untuk mereka sampai-sampai mereka dapat menciptakan lapangan kegiatan sendiri Dan sekian banyak cara lain dapat kita lakukan supaya pengangguran teratasi.

Nah itulah beberapa contoh teks eksplanasi sosial, semoga artikel ini bermanfaat. Terimakasih sudah berkunjung dan jangan lupa bagikan artikel ini ke sosial media kamu ya.

Baca juga :

to Top