--> Perkembangbiakan Tumbuhan Generatif Dan Vegetatif Lengkap
Home Pendidikan

Tumbuhan Generatif Dan Vegetatif - Perkembangbiakan adalah sebagai tujuan untuk menghasilkan sebuah keturunan. Hal ini juga dilakukan oleh semua tumbuhan. Perkembangbiakan tumbuhan dibedakan menjadi dua macam yaitu Perkembangbiakan secara generative dan secara vegetative.

Sekarang saya akan membahas perkembang biakan tumbuhan secara Generative dan Vegetative secara lengkap.

Perkembangbiakan Tumbuhan Generatif Dan Vegetatif Lengkap


Perkembangbiakan Tumbuhan
Perkembangbiakan Tumbuhan

Perkembangbiakan Tumbuhan Secara Generatif


Perkembangbiakan tumbuhan secara generative ini ditandai dengan terjadinya suatu tumbuhan baru yang disebabkan oleh proses penyerbukan. Proses penyerbukan ini adalah suatu proses dimana jatuhnya serbuk sari yang berada di dalam tumbuhan jantan kepada kepala putik bunga yang ada di dalam tumbuhan betina.

Alat untuk melakukan Perkembangbiakan pada tumbuhan ada di dalam bunganya. Jenis dan bentuk memiliki susunan yang berbeda-beda satu sama lain. Secara umum bagian bunga tumbuhan meliputi mahkota bunga, kelopak bunga, kepala sari, benang sari, kepala putik, tangkai putik, bakal biji, dasar bunga dan tangkai bunga.

Alat Perkembangbiakan Tumbuhan Secara Generatif


Alat Perkembangbiakan tumbuhan adalah putik dan benang sari. Benang sari adalah alat Perkembangbiakan dari tumbuhan jantan putik yang terdiri dari kepala sari dan tangkai sari.Sedangkan alat Perkembangbiakan pada tumbuhan betina adalah putik.

Proses Perkembangbiakan Pada bagian bunga tumbuhan yang telah matang atau tua akan terdapat kepala sari yang di dalamnya terdapat serbuk sari, nah serbuk sari inilah yang mengandung sel kelamin jantan atau spermatozoid.

Sedangkan pada bagian sel kelamin betina yaitu putik terdiri dari bagian kepala putik, tangkai putik dan bakal buah. Di dalam setiap bakal buah yang ada akan terdapat satu atau lebih bakal biji. Nah, di dalam bakal biji inilah ada salah satu yang mengandung kantung lembaga yang di dalamnya terdapat beberapa inti dimana salah satu intinya adalah sel kelamin dari jenis betina atau sel ovum.

Cara Perkembangbiakan Tumbuhan


Cara Perkembangbiakan Tumbuhan
Cara Perkembangbiakan Tumbuhan

Perkembangbiakan tumbuhan Secara Generatif


Cara Perkembangbiakan tumbuhan dengan generative ini dilakukan melalui penyerbukan, suatu proses terjadinya serbuk benang sari yang jatuh ke kepala putik. Setelah mengalami penyerbukan ini, serbuk sari akan masuk ke dalam bakal biji yang didalamnya terdapat inti biji sel kelamin betina. Setelah serbuk sari masuk ke dalam bakal biji kemudian sel spermatozoid secara otomatis akan meleburkan diri pada sel telur dan kemudian akan terjadi pembuahan pada tumbuhan.

Setelah terjadinya pembuahan maka akan terbentuk sebuah benih yang dinamakan dengan zigot. Kemudian zigot ini akan berkembang menjadi lembaga, lembaga akan berubah menjadi bakal biji, bakal biji akan menjadi biji dan bakal buah akan mulai berkembang menjadi daging buah. Biji yang masih berada di dalam buah akan menjadi calon tumbuhan baru apabila ditanam pada tanah yang subur atau media tanam lain yang sesuai dengan jenis tumbuhan tersebut.

Seperti yang telah diketahui bahwa Perkembangbiakan tumbuhan secara generative dilakukan dengan cara penyerbukan. Nah, berdasarkan asal serbuk sari, penyerbukan dibedakan menjadi berikut ini:

1. Penyerbukan sendiri, dimana serbuk sari yang jatuh ke putik bunga itu sendiri.

2. Penyerbukan tetangga, kondisi dimana serbuk sari yang jatuh berasal dari bunga lain ke kepala putik bunga lainnya juga namun kedua bunga tersebut masih satu pohon.

3. Penyerbukan silang, dimana serbuk sari jatuh dari bunga yang berbeda pohon dengan bunga yang ada putiknya namun masih adalah satu jenis pohon.

4. Penyerbukan bastar, yaitu kondisi dimana penyerbukan terjadi dari serbuk sari bunga yang berbeda pohon dan berbeda jenis namun masih dalam satu family dengan bunga 
yang memiliki kepala putik. Misalnya, penyerbukan yang terjadi antara cabe merah dan cabe rawit.

Perkembangbiakan Tumbuhan Secara Vegetatif


Perkembangbiakan tumbuhan yang kedua adalah secara vegetatif. Perkembangbiakan secara vegetative ini sendiri dibedakan menjadi 2 yaitu Perkembangbiakan secara Vegetative alami dan secara vegetative buatan.

1. Perkembangbiakan Secara Vegetative Alami


Perkembangbiakan tumbuhan vegetative adalah cara berkembangbiak tumbuhan yang dilakukan oleh dirinya sendiri tanpa dengan bantuan dari manusia. Macam-macam perkembangbiakan vegetatif secara alami sebagai berikut:

Umbi Batang

Umbi Batang
Umbi Batang

Dimana akar dari tumbuhan akan menggelembung menjadi umbi. Umbi yang ada di dalam batang sebenarnya merupakan cadangan makanan bagi tumbuhan Umbi batang. Pada ujung dari umbi biasanya akan terlihat sisik dan yang membentuk tunas. Contoh dari tumbuhan dengan perkembangbiakan secara umbi batang ini adalah ubi tanah, ketela, kentang dan ubi jalar.

Umbi lapis

Umbi lapis

Umbi lapis di sini adalah pelepah daun yang berlapis-lapis. Dalam umbi lapis terdapat bagian cakram dan akar sedangkan di bagian ujung umbi lapisnya akan muncul daun. Contoh tanaman umbi lapis ini adalah  bawang Bombay, bunga bakung, bawang putih, bawang merah dan bunga tulip. 

Pertumbuhan dari umbi lapis di dahului dengan tumbuhnya siung buah dari bagian tubuh yang paling luar dan kemudian tumbuh lagi bagian dalamnya. Pada awalnya tumbuhan ini akan mengambil makanan dari induknya namun saat mulai matang dan cukup besar bisa juga mengambil makanannya sendiri dengan cara fotosintesis.

Umbi Akar



Umbi akar adalah perkembangbiakan yang dilakukan dengan cara akar yang menggelembung menjadi buah seperti misalnya singkong, wortel, dahlia dan lainnya. jika umbi akar ditanam dengan pangkal batangnya maka akan membuat tumbuhnya tunas dan akan memiliki tumbuhan baru.

Akar Tinggal

Akar tinggal

Akar tinggal adalah batang yang tertanam di dalam tanah dan kemudian menjadi buah sedangkan di dalam buahnya inilah terdapat akar untuk mengambil makanan. Pada setiap ketiak sisi tanaman akan memunculkan tunas baru yang bisa digunakan untuk menanam lagi tanaman tersebut. Contoh tumbuhan yang memiliki cara perkembangbiakan dengan akar tinggal ini adalah jahe, kunyit, lengkuas, kencur dan lainnya.

Geragih

Geragih

Perkembangbiakan secara geragih adalah tumbuhan yang batangnya mendatar di permukaan tanah. Batang tersebut akan menjadi tumbuhan baru karena tumbuhan itu bisa membentuk akar baru. Contoh perkembangbiakan dari geragih ini adalah rumput teki, arbei dan strawberry.

Tunas

Tunas

Tunas ini adalah tumbuhan yang tumbuh dari batang yang ada di dalam tanah. Tunas muda akan tumbuh di sekitar induknya biasanya sangat dekat. Meskipun tunas ini tumbuh dari batang induknya namun hidupnya tidak tergantung pada induk. Jika induk ini ditebang maka tidak akan menjadi persoalan di tanaman ini. biasanya tumbuhan ini hidup dengan rumpunnya seperti pisang, tebu dan bambu.

Tunas Adventif

Tunas Adventif

Tunas Adventif adalah tumbuhan yang tumbuh bahkan bukan dari tumbuhan yang bertunas contohnya saja tumbuhan cocor bebek.

2. Perkembangbiakan Vegetatif Buatan



Cara Perkembangbiakan vegetatif buatan ini adalah perkembangbiakan yang dilakukan secara tidak kawin dan sengaja oleh manusia. Antara lain adalah sebagai berikut:

Mencangkok

Mecangkok adalah cara untuk memperbanyak tumbuhan dengan cara memotong bagian dahan tumbuhan dari tumbuhan induknya. Pada tumbuhan yang berkeping dua atau dikotil saja yang bisa dicangkok seperti jeruk, mangga, jambu dan lainnya.

Contoh:
Mencangkok hanya bisa dilakukan pada tanaman yang mempunyai berbiji keping dua "Dikotil", seperti:  jambu, Tanaman Jeruk, mangga, rambutan dan lainnya.

Menempel "Okulasi"

Perkembangbiak dengan menempel ini dilakukan dengan cara menempelkan tunas tumbuhan lain kepada tumbuhan yang masih dalam satu jenis misalnya pohon mangga arum manis dengan pohon mangga mana lagi. Tujuan dari cara menempel ini adalah untuk bersama-sama hidup atau menumpang hidup.

Menyambung

Menyambung adalah cara memperbanyak tumbuhan dengan menyambungkan bagian akar dan pada batang dari dua jenis tumbuhan yang berbeda. Cara ini dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan tanaman yang kualitasnya baik.

Stek Batang

Stek batang ini dilakukan dengan cara memotong pada bagian batang tumbuhan dan kemudian menanamnya di dalam tanah. Contoh tanaman yang bisa distek adalah pohon tebu, singkong, mawar dan melati.

Contoh: 
Stek pada bagian batang Ubi kayu "Ketela pohon", Kaktus
Selain stek batang, ada juga stek yang dilakukan pada bagian daun.

Merunduk

Seperti namanya tumbuhan yang dikembangkan dengan cara merunduk adalah dengan menanam tumbuhan yang merunduk dan kemudian tumbuhan tersebut menjadi akar. Contohnya adalah apel, selada air dan anggur.

Sekian dulu artikel tentang Perkembangbiakan tumbuhan semoga bermanfaat

Baca juga :

Tidak ada komentar

to Top