Contoh Biografi Terlengkap Dan Terbaru (Update)

Contoh Biografi Terlengkap – Biografi adalah tulisan mengenai perjalanan hidup atau riwayat hidup seseorang yang bisa ditulis dalam sejumlah baris kalimat saja atau hingga menjadi suatu buku.Umumnya biografi mengisahkan kehidupan seseorang mulai dari kelahiran hingga keadaannya kini ini. Kali ini blogku santo akan membahas tentang contoh biografi serta strutur biografi, tujuan biografi terlengkap dan terbaru

Daftar Pembahasan Biografi :
1. Biografi
2. Tujuan Biografi
3. Struktur Biografi
4. Contoh Biografi Diri Sendiri
5. Contoh Biografi Tokoh

Contoh Biografi


Contoh Biografi
Contoh Biografi


Teks biografi ditulis oleh orang beda yang dengan kata lain dalam penulisannya mesti memakai sudut pandang orang ketiga, bertolak belakang dengan penulisan otobiografi/autobiografi yang ditulis memakai sudut pandang orang kesatu.

Contoh Sudut Pandang Orang Pertama dan Orang Ketiga :

Saya adalah seorang pelukis (Sudut pandang orang kesatu).
Anton dimas adalahseorang pelukis (Sudut pandang orang ketiga).


Tujuan Biografi


Tujuan penulisan biografi ialah untuk menyerahkan informasi untuk orang lain mengenai seseorang

Baik tersebut berupa kehidupan pribadinya, cita-cita, perjuangan atau kejadian atau peristiwa urgen yang terjadi dalam kehidupannya.

Nah, guna penulisan biografi diri sendiri atau pribadi seringkali diperuntunkan untuk memperkenalkan diri kita untuk orang lain, entah tersebut untuk hal melamar kegiatan ataupun memperkenalkan diri ke khalayak ramai lewat internet. misalnya wikipedia atau bio di sosmed.

Karena biografi pribadi mempunyai sifat pengenalan diri kamu, ya sebetulnya anda bebas saja mau mencatat apapun sesuka hati

Tapi buatlah artikel tersebut seakan-akan ditulis oleh orang beda atau menurut sudut pandang orang lain.

Lebih baik lagi bilamana biografi itu dapat menginspirasi orang beda dan penulisannya lebih ditekankan pada kisah-kisah urgen bukan kisah basa-basi

Tonjolkan sisi unik yang terdapat pada diri kamu

Bisa berupa keunggulan yang dimiliki, peristiwa berisi inspirasi ataupun prestasi di masa kemudian ataupun terbaru.

Ada sejumlah langkah yang dapat dilaksanakan dalam teknik membuat teks biografi diri sendiri dan strukturnya yang menarik

Supaya tulisan biografi seseorang itu terlihat lebih terstruktur dan sistematis.


Struktur Penulisan Biografi


Berikut ini ialah struktur atau kerangka dalam penyusunan baik tersebut kumpulan biografi diri sendiri ataupun otobiografi/autobiografi diri sendiri.

1. Pengenalan Tokoh atau Diri Sendiri

Dibagian awal, kenalkan diri anda terlebih dahulu. Terutama pasti saja nama lengkapmu dan lokasi kelahiranmu. Setelah tersebut kemudian dapat dilanjutkan mengisahkan tentang keluargamu. Seperti mengisahkan tentang saudara kandungmu ataupun latar belakang orang tuamu secara singkat.

Kemudian dapat juga dilanjutkan dengan riwayat edukasi yang pernah dilewati beserta nama sekolahnya. Bisa juga diperbanyak dengan tahunnya serta empiris penting saat menempuh edukasi tersebut.

Contoh Pengenalan Adalah Sebagai Berikut: Namanya ialah Nur Fitriani, dia bermunculan di Malang, 19 Oktober 2000. Dia ialah anak kedua dari dua bersaudara. Kakaknya seorang perempuan mempunyai nama Hilman Marawi, seorang biduan nasyid familiar di wilayah Jawa Timur. Kedua orang tuanya berprofesi sebagai guru dan telah menghamba dalam bidang edukasi sejak mereka tetap remaja.. dll



2. Peristiwa dan Kejadian Penting

Dibagian ini anda dapat mengisahkan tentang momen-momen urgen yang pernah dilewati oleh sang figur berikut ialah beberapa diantaranya:

A. Kejadian yang Mengubah Hidup/Memotivasi
Dalam artikel ini kamu dapat bercerita mengenai pengalaman-pengalaman dalam kehidupanmu yang lantas mengganti hidup seperti suasana sekarang ini.

Contohnya: Semasa kecil dia pernah hidup di jalanan, masing-masing hari Risman bareng ayahnya yang seorang pemulung istirahat di bawah jembatan , sebab rumahnya digusur oleh pemerintah kota Jakarta ketika itu

Namun tersebut tidak pernah menciptakan semangat belajarnya turun

Justru sebab itulah Risman semakin giat belajar dan termotivasi meraih cita-citanya menjadi seorang dokter

B. Kejuaraan

Kamu dapat menulis mengenai prestasi-prestasi apa saja yang sukses diperoleh sekitar ini serta cerita singkatnya. atau
Contohnya: Perempuan berdarah Medan ini pernah menjuarai kejuaraan pencak silat junior antar Kabupaten se-Jawa Timur saat berumur 14 tahun ..  dll

C. Pekerjaan, Pengalaman, Karir (Bila Ada)

Bila masih pelajar kamu dapat mengabaikan poin ini dan poin berikutnya. Bila telah bekerja, kamu dapat menyebutkan pekerjaanmu, di perusahaan mana dan di unsur apa. ataupun juga kisah bagaimana mula sampai akhir anda merintis karir. Baik tersebut dalam bidang wiraswasta, kepenulisan ataupun bidang bisnis.

Contohnya: Ia pernah bekerja di perusahaan Telkom sebagai adminstrator di divisi IT perusahaan itu .. dll

D. Penutup
Disini kamu dapat menambahkan intisari dari artikel biografi ataupun asa dan mimpimu di masa mendatang atau pun kalimat ‘menghentak’ lainnya.

Bila mencatat Biografi. Jangan lupa, untuk mencatat menurut sudut pandang orang ketiga yaa .., Satu lagi, kerangka ini melulu salah satu acuan saja. Jadi sifatnya tidak baku atau tidak mesti dalam pemakaiannya.


Contoh Biografi Diri Sendiri


Contoh Biografi Diri Sendiri
Contoh Biografi Diri Sendiri

Contoh Biografi Diri Sendiri 1

Namanya ialah Dewi Anggraeni, Lahir di Tasikmalaya, 30 Desember 1997, ia ialah anak ketiga dari lima bersaudara, buah dari pasangan Kamaruddin dan Siti Zubaidah. Dewi ialah panggilan akrabnya, ia tercetus di family yang paling sederhana, Ayahnya seorang Guru honorer di suatu madrasah tsanawiyah, sementara Ibunya bekerja sebagai buruh di pabrik sepatu tak jauh dari rumahnya. Sejak kecil dia tidak jarang kali di nasehati oleh ayahnya untuk tidak jarang kali rajin beribadah, jujur dan baik terhadap sesama.


Ketika berumur 6 tahun, ia mengawali pendidikan di SDN 1 Ciawi, Tasikmalaya, lantas setelah lulus dia melanjutkan pendidikannya di SMPN 1 Tasikmalaya di tahun 2009. Selepas lulus dari SMP di tahun 2012, dia mengekor Pamannya bermukim di kota Bandung dan melanjutkan pendidikannya di SMA xx Kota Bandung.


Ketika menginjak ruang belajar X SMA tersebut, dia mengekor lomba mencatat puisi antar sekolah se-Kota Bandung , dan puisinya yang berjudul “ Senja di Barat Cikapundung” menjadi juara ke 3 dalam kompetisi tersebut. Tentu saja ini menciptakan hatinya senang dan semakin energik dalam menulis, khususnya puisi-puisi bertemakan lingkungan. Baginya lingkungan adalahsalah satu aspek urgen dalam kehidupan sebab lingkungan yang bersih dan asri dapat menciptakan jiwa insan kuat dan sehat.

Selain tersebut ia pun aktif dalam sekian banyak  kegiatan di sekolah, Dewi bergabung dengan organisasi Pramuka dan pun pernah menjabat sebagai pemimpin redaksi majalah dinding sekolah.

Saat ini dia masih duduk di ruang belajar XII SMA jurusan Bahasa, sesudah lulus nanti gadis berkulit hitam manis ini berencana guna melanjutkan kuliah di jurusan Sastra Indonesia Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta.


Contoh Biografi Diri Sendiri atau Pribadi II


Nuraeni bermukim di kota Bandung dan menjadi di antara siswi ruang belajar XI, SMA Negeri 76 Bandung Jurusan IPA. Ia bermunculan di Ambon pada tanggal 10 Januari 1999.

Di samping mempunyai ketertarikan dalam bidang yang bersangkutan dengan tumbuh-tumbuhan ia pun memiliki kegemaran berolahraga, khususnya jogging. Baginya tanaman dan kesehatan urgen dan saling sehubungan satu sama lainnya.


Semasa kecil dia pernah tinggal di sekitar kali Ciliwung dan masing-masing musim hujan rumahnya tidak jarang kali kebanjiran dan lantas mengungsi ke lokasi penampungan. Kejadian itu terus terulang dari tahun ke tahunnya. Hal tersebut lantas membuatnya berpikir, bahwa datangnya banjir itu bukan semata karena hal alam saja. Namun pun karena hal manusia yang sering melemparkan sampah sembarangan ke sungai, pemukiman binal di bantaran sungai dan pun kurangnya resapan air.

Itulah yang menciptakan hatinya tergerak guna ikut menyadarkan masyarakat supaya tak melemparkan sampah sembarangan. Dia pun lantas bergabung dengan komunitas peduli lingkungan di kota Jakarta. masing-masing akhir pekan gadis berkulit hitam manis ini ikut mengerjakan penyuluhan dan bakti sosial. Bagi menyadarkan masyarakat mengenai pentingnya menjaga kesucian dan lingkungan.

Saat ini Nuraeni tinggal bareng ayahnya yang berprofesi sebagai pegawai swasta di kompleks Puri Makmur no 103 Kemang. Di samping aktif di komunitas peduli lingkungan, ia pun aktif di komunitas sepeda Batavia, komunitas tumbuhan hias dan pun komunitas parkour Jakarta Selatan.


Contoh Biografi Diri Sendiri III


Muhammad Mulkan Fauzi atau biasa dipanggil Mulkan oleh orang-orang disekitarnya memiliki kegemaran membaca kitab dan bermain futsal. Ia bermunculan di kota Semarang pada tanggal 30 Oktober 1997 dari pasangan Rahmat Kartoso dan Linda Kusumaningtyas. Mulkan mempunyai seorang kakak mempunyai nama Lusi Apriani yang telah menikah dan sekarang tinggal bareng suaminya di Solo. Ia pun mempunyai sepasang adik kembar perempuan mempunyai nama Sifa dan Isfi yang baru berusia 5 tahun.

Ia kesatu kali masuk sekolah di tahun 2003 – 2009 di SDN Budi Mulya. Kemudian sesudah lulus melanjutkannya ke SMPN 4 Karang Naga dari tahun 2010-2013. Dan lantas melanjutkan sekolah lagi ke SMAN Tarakan 12 Semarang. di SMA ini dia mengikuti pekerjaan ekstrakulikuler Paskibra dan pun aktif dalam organisasi OSIS. Bahkan ia juga sempat menjabat sebagai wakil ketua OSIS di sekolahnya.

Pemuda berwajah tampan ini ialah anggota kesebelasan futsal SMAN 12 Tarakan dan sejumlah kali menjuarai kejuaraan futsal baik tersebut kejuaraan antar sekolah maupun umum. Diantaranya: Juara III Piala Walikota Semarang 2015, juara III futsal Hardiknas Cup 2015, juara kesatu Kilimanjaro Cup 2016 dan beda sebagainya.

Dia mempunyai cita-cita dalam sejumlah tahun mendatang bisa bergabung dengan Tim Nasional futsal Indonesia dan membawa harum nama Bangsa di Asia dan Dunia. Pemain yang berposisi sebagai penyerang ini pun mempunyai cita-cita guna memberangkatkan Haji kedua orang tuanya yang telah merawatnya semenjak kecil di lantas hari.


Contoh Biografi Diri Sendiri Singkat


Nur Hasanah ialah gadis keturunan Sunda dan Padang, nama Nur memiliki makna cahaya sendangkan Hasanah artinya ialah kebaikan. dia bermunculan di Bogor, 18 April 1995. Dari pasangan Ihsan Kamil dan Kamidia Ajeng Pratiwi.

Gadis berkerudung ini mempunyai motto “Man Jadda Wajada” dalam hidupnya, yang dengan kata lain siapa yang bersungguh-sungguh tentu akan berhasil. Maka dari tersebut sekarang juga ia paling bersungguh-sungguh dalam belajar untuk memburu cita-citanya menjadi seorang Desainer pakaian muslim.

Sejak kecil Nur terbiasa hidup dilingkungan pesantren, saat SD dia ikut mondok di Pesantren kepunyaan pamannya sejumlah kilometer dari rumahnya. Kemudian saat SMP dia mondok di pesantren xxxxxx di Jawa Tengah. Setelah lulus dia kembali lagi ke rumahnya dan sekolah di MAN 2 Kota Bogor.

Tahun 2015 lalu, dia sukses menjuarai lomba kaligrafi antar MAN se-Jawa barat dan pernah pun masuk 12 besar atau finalis lomba rancang busana Muslim 2015 yang di selenggarakan oleh majalah Muslimah.

Saat ini dia bermukim di jalan Katamso no 12. bareng orang tua dan sepasang adik kembarnya yang masih duduk di ruang belajar II Sekolah Dasar.

gus  mahardika Rafi, biasa dipanggil Agus, Ia bermunculan di Pemalang, 3 Februari 1987. Dia anak kesatu dari 3 bersaudara dari pasangan Munawar dan Susiati. Ayahnya bekerja sebagai guru SMP N 3 Pemalang, sementara Ibunya bekerja sebagai Ibu Rumah Tangga. Agus sudah beristri mempunyai nama Astri.

Ketika kecil Agus bersekolah TK di TK pertiwi 1 Bojongbata, kemudian ia melanjutkan sekolahnya di SDN Negeri 1 Bojongbata, saat berangkat sekolah Agus mesti berlangsung kaki, saat SD Agus lumayan berprestasi, walaupun melulu peringkat 5, namun kedua orang tuanya tetap nbangga pada Agus.

Setelah lulus SD, Agus melanjutkan sekolah SMP di SMP N 3 Pemalang, saat SMP Agus tidak berprestasi diakibatkan karena dia tidak jarang bermain dan jarang belajar, saat berangkat sekolah Agus terkadang berlangsung kaki ataupun naik sepeda. Agus melanjutkan sekolah di SMA 1 Petarukan, di SMA ini Agus pun tidak berprestasi, sesudah lulus SMA Agus melanjutkan sekolah di IKIP PGRI Semarang, saat kuliah Agus berangkat memakai motor sebab jaraknya yang jauh. Ia lulus kuliah tahun 2013 dan kini dia menjadi guru BK di SMP N 3 Pemalang.

Membaca Biografi Agus Mahardika Rafi, dengan motivasi dan kegigihan tanpa putus harapan kita dapat menjangkau cita-cita yang anda inginkan.



Contoh Biografi Tokoh


Contoh Biografi Tokoh
Contoh Biografi Tokoh


Biografi Drs. H. Mohammad Hatta


Lahir di Fort de Kock,  Sumatera Barat, 12 Agustus 1902 – meninggal di Jakarta, 14 Maret 1980 pada usia 77 tahun, ialah pejuang, negarawan, dan pun Wakil Presiden Indonesia yang kesatu. Ia mundur  dari jabatan wakil presiden pada tahun 1956, sebab berselisih dengan Presiden Soekarno. Hatta dikenal Sebagai Bapak  Koperasi  Indonesia. Bandar Udara   Internasional Jakarta  memakai namanya sebagai penghormatan terhadap   jasanya sebagai salah seorang proklamator kebebasan Indonesia.


Nama yang diserahkan oleh orangtuanya  saat dilahirkan ialah Muhammad Athar. Anak perempuannya mempunyai nama Meutia Hatta menjabat sebagai Mentri Negara Pemberdayaan Perempuan dalam Kabinet Indonesia Berdatu pimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Ia dimakamkan di Tanah  Kusir, Jakarta.


Bung Hatta ialah nama salah seorang dari beribu pahlawan yang pernah memperjuangkan kebebasan dan peradaban Indonesia.  Sosok Bung Hatta  sudah menjadibegitu dekat dengan hati rakyat Indonesia sebab perjuangan dan sifatnya yang begitu merakyat. Besarnya peran beliaudalam perjuangan negeri ini ehingga dinamakan sebagai salah seorang “The Founding     Father’s of Indonesi”.


berbagai artikel dan cerita perjuangan Muhammad Hatta sudah ditulis dan dibukukan, mulai  dari masa kecil, remaja, dewasa  dan perjuangan beliau guna mewujudkan kebebasan Indonesia. Namun dalam urusan yang rasanya perlu tidak banyak digali dan dipahami, yaitu menyaksikan Bung Hatta  sebagai figur organisasi san partai politik . urusan ini dikaitkan dengan usaha    menyaksikan perkembangan pekerjaan dan ketokohan beliau di bidang politik Indonesia ketika ini. Maka layak rasanya anda ikut menyaksikan perjuangan dan perjalanan pekerjaan politik  Bung Hatta.


Setelah perang dunia I selesai generasi muda Indonesia yang berprestasi makin tidak sedikit yang mendapatkan peluang mengenyam edukasi luar negeri laksana di Belanda dan Kairo (Mesir). Hal ini diperkuat dengan dibelakukanya politik balas budi oleh Belanda. Bung Hatta ialah  salah seorang pemuda yang beruntung , beliau mendapat peluang belajar di Belanda. Jika kita menyimak semangat berorganisasi  Bung Hatta, sebetulnya telah tumbuh sewaktu beliau sedang di Indonesia. Beliau pernah menjadi ketua Jong Sumatera  (1918-1921) dan semngat ini kian membara dengan asahan dari kultur edukasi Belanda / Eropa yang bernafas demokrasi dan keterbukaan

Pencarian : contoh biografi, contoh biografi orang lain, contoh biografi siswa, contoh biografi diri sendiri, contoh biografi seseorang singkat, contoh biografi singkat, contoh biografi tokoh, contoh biografi diri,