--> Struktur Teks Anekdot (Tugas Bahasa Indonesia)
Home Pendidikan

Struktur Teks Anekdot Lengkap - Ketika kita sedang mempelajari tentang anekdot pasti kita juga harus mengerti struktur sebuah teks anekdot, maka dari itu di sini akan membahas secara lengkap apa itu struktur teks anekdot. Di dalam struktur teks anekdot tersebut ada 7 macam serta wajib dimasukan dalam sebuah teks yang akan membentuk anekdot. Apa sajakah 7 struktur teks anekdot itu? Oke langsung saja.

7 Struktur Teks Anekdot


Struktur Teks Anekdot
Teks Anekdot
Teks anekdot juga mempunyai sebuah struktur - struktur di dalam pembentukannya. Struktur yang terkandung di dalam teks anekdot tersebut antara lain Abstraksi, Orientasi, Event, Krisis, Reaksi, Koda, dan Re-orientasi.

Untuk mengetahui struktur tersebut lebih dalam serta mengenai tiap bagain struktur Teks Anekdot maka kalian bisa baca penjelasan di bawah ini.

Abstrak


Abstrak merupakan struktur teks humor atau lelucon yang paling awal yang berada di dalam sebuah teks bernama anekdot. Abstrak bisa kita taruh di awal sebuah paragraf yang berfungsi untuk menggambarkan mengenai teks tersebut secara umum suaya para pembaca bisa membayangkannya.

Orientasi


Orientasi adalah awal kejadian pada sebuah cerita atau juga bisa di sebut bagian yang menjelaskan latar belakang cerita mengapa peristiwa utama dalam sebuah cerita bisa terjadi.


Baca juga : Fungsi Tulang Pengumpil

Event


Befungsi sebagai rangkaian peristiwa yang terjadi.

Krisis


Krisis adalah bagian yang yang berfungsi menjelaskan mengenai sebuah pokok masalah utama dengan cerita unik dan juga tidak biasa.

Reaksi


Reaksi sangat berhubungan erat dengan struktur krisis. Reaksi merupakan bagian yang berfungsi untuk melengkapi berupa penyelasaian sebuah masalah menggunakan cara - cara yang juga unik dan berbeda dari yang biasanya.

Koda


Bagian ini akan muncul sebuah perubahan yang terjadi pada tokoh dalam teks anekdot tersebut.

Re-orientasi


Bagian yang berfungsi menutup cerita dalam teks tersebut.


Nah itulah struktur teks anekdot yang bisa saya jelaskan untuk kamu. Semoga artikel ini bermanfaat untuk tugas bahasa indonesia yang sedang kamu kerjakan. Terimakasih atas kunjungannya.

Baca juga :

to Top