Home Android / Tips Dan Trik

Cara Mengatasi HP Lemot - Pada artikel kali ini saya akan memberikan tips bagaimana cara mengatasi HP lemot. HP lemot memang seringkali membuat orang yang menggunakannya merasa jengkel karena program yang ada di dalam HP akan terasa lambat sekali dan butuh waktu lama untuk menjalankan atau membuka sebuah aplikasi. Banyak sekali vendor di luar sana yang berlomba-lomba untuk mengembangkan smartphone android agar dapat bekerja lebih cepat.

Android saat ini sudah mulai menggunakan kapasitas RAM sebesar 4 Giga bahkan Android sekarang menciptakan smartphone dengan RAM 8 gigabyte tentunya bertujuan agar smartphone berjalan dengan lebih cepat dan membuat pengguna nyaman dalam pemakaiannya.

Cara Mengatasi HP Android Lemot


Kapasitas RAM yang besar yang kamu miliki dalam sebuah kondisi tertentu entah itu terlalu banyak memasang aplikasi seringkali menjadi berat dal lemot. Maka dari itu saya akan memberikan tutorial bagaimana cara mengatasi HP lemot. Ikuti cara demi cara dibawah ini agar HP kamu tidak lambat lagi. Dimulai dari.

Baca juga : Cara Cek Kuota XL Terbaru

Copot Aplikasi yang tidak terpakai



Sebagian besar orang pengguna smartphone Android suka sekali menginstal banyak aplikasi dan sebagian dari aplikasi tersebut kebanyakan jarang digunakan atau bahkan tidak penting. Sebaiknya copot aplikasi yang menurutmu tidak penting tersebut karena terlalu banyak aplikasi menyebabkan sistem Android bekerja dengan sangat keras sehingga membuat Android kamu menjadi lemot dan lambat.

Kamu bisa Uninstall aplikasi atau mencopotnya dari program dan jangan lupa bersihkan sampah penyimpanan yang tidak terpakai dengan menggunakan aplikasi Clean Master secara rutin.

Penyimpanan Android



Setiap Android dibekali oleh sistem penyimpanan atau kapasitas memori yang berbeda-beda maka dari itu selalu cek penyimpanan Android di HP kamu apakah sudah penuh atau belum, karena penyimpanan Android yang sudah penuh akan mengakibatkan kinerja HP menjadi lambat. Cara mengatasi penyimpanan Android yang penuh salah satunya dengan menghapus folder atau file yang tidak diperlukan lagi.

Selain dengan cara diatasi kamu bisa mengatasi ruang penyimpanan dengan menambahkan penyimpanan Eksternal yang lebih besar lagi, supaya ruang penyimpanan lebih lega dan luas dalam penyimpanan file kamu.

Auto Kill



Bagi kamu yang sering menggunakan multi tasking di HP Android pasti sudah biasa jika menemukan beberapa atau bahkan banyak aplikasi yang berjalan di recent apps. Akibat dari terlalu banyak aplikasi yang berjalan di recent apps akan membuat kapasitas RAM menjadi boros dan tentunya membuat performa Android menjadi lemot dan lambat. Untuk cara mengatasinya kamu bisa menggunakan fitur Auto Kill karena fitur ini bisa membuat aplikasi yang berjalan di background menjadi berhenti dan membuat Android mu berjalan dengan cepat kembali.

Baca juga : 2 Aplikasi Edit Video Terbaik Yang Wajib Kamu Gunakan

Aplikasi Antivirus


Sebagian orang takut jika smartphone Android nya terkena virus dan mereka akan menginstal aplikasi antivirus untuk pencegahannya. Padahal aplikasi Antivirus selalu berjalan di background dan akan berdampak RAM kamu menjadi boros, bayangkan apabila kamu menginstall aplikasi Antivirus lebih dari satu pasti akan membuat smartphone kamu menjadi lemot.

Sebenarnya aplikasi Antivirus tidak terlalu penting pada Sistem Operasi (OS) Android, karena sudah teruji dengan baik dan Sitem Android tidak mudah untuk disusupi virus. Tapi jika kamu ingin meng-install Antivirus silahkan saja dan peringatan aja jika kamu lagi mendownload suatu file Aplikasi telusuri dulu agar tidak ada virus atau malware yang menempel yang bisa menyebabkan HP kamu menjadi lambat dan lemot.

Update Software Android


Kadang kita suka mendapatkan pemberitahuan untuk mengupdate software smartphone yang kita miliki, maka lakukanlah update secara berkala jika ada pemberitahuan  karena hal tersebut bertujuan untuk memperbaiki masalah sistem di versi software sebelumnya. Biasanya update software Android juga bertujuan untuk memberikan kenyamanan dan pengalaman yang lebih baik kepada penggunanya.

Walaupun kadang banyak yang mengalami sistem Android menjadi semakin buruk ketika sudah selesai mengupdate software yang baru , namun Para pengembang Android pasti akan selalu melakukan perbaikan untuk sistemnya.

Penggunaan Widget


Kebanyakan pengguna smartphone Android terlalu banyak memasang Widget di tampilan Homescreen mereka. Widget sendiri berfungsi sebagai jalan pintas untuk membuka berbagai macam aplikasi tanpa harus membuka aplikasi yang asli, namun kadang juga ada yang memasang widget hanya untuk mempercantik tampilan layar HP.

Jika kamu terlalu banyak memasang Widget akan membuat kapasitas RAM menjadi semakin sedikit karena semakin banyak RAM yang terpakai / bekerja disaat widget tersebut tidak kamu gunakan. Sehingga dianggap kurang efisien, maka cara mengatasinya yaitu dengan mengurangi jumlah Widget yang terpasang di homescreen HP agar HP kamu berjalan lebih lancar dan tidak lemot lagi.

Itulah beberapa tips Bagaimana cara mengatasi HP lemot.  silahkan coba satu per satu cara di atas di HP kamu dan coba bandingkan kecepatan HP sebelum sesudah mempraktekkan cara mengatasi HP lemot di atas.

Sekian tutorial dari saya semoga artikel yang sederhana ini bermanfaat bagi kamu dan terima kasih atas kunjungannya.

Baca juga :

to Top