--> Contoh Paragraf Dekduktif, induktif, Campuran Lengkap
Home Pendidikan

Contoh Paragraf Dekduktif, induktif, Campuran Lengkap
Contoh Paragraf Dekduktif, induktif, Campuran Lengkap

Contoh Paragraf Dekduktif, Induktif dan Campuran – Didalam mata pelajaran bahasa Indonesia kamu pasti akan menjumpai pelajaran tentang paragraf. Paragraf biasa digunakan dalam berbagai bidang ilmu. Dalam teks majalah ataupun koran kamu juga akan menemukan yang namanya sebuah paragraf, tidak hanya itu saja ada juga berita novel dan puisi semua mempunyai paragraf.

Ada berbagai macam paragraf, namun yang akan dibahas kali ini adalah sebuah paragraf induktif, dekduktif, serta paragraf campuran. sebelum kita memulai tentang contoh paragraf induktif, dekduktif serta campuran alangkah lebih baik jika mengetahui pengertian dari ke 3 paragraf tersebut.

1. Pengertian Paragraf Dekduktif


Paragraf Dekduktif adalah paragraf yang kalimat utamanya berada di awal paragraf dan di mulai dengan menyatakan masalah yang bersifat luas atau umum dan di peroleh sebuah kesimpulan yang bersifat khusus. Paragraf Dekdutif ini merupakan paragraf Umum ke Khusus.

Contoh Paragraf Dekduktif


A. Kasus korupsi masih menjalar di anggota DPR RI. Tidak ada tanda bahwa kasus korupsi akan segera selesai. Semakin lama justru pelaku korupsi semakin banyak, dan masih merupakan anggota DPR. KPK terus berusaha mengusut kasus korupsi yang dilakukan oleh para pejabat tinggi. Rakyat hanya bisa pasarah dan menunggu KPk mengusut tuntas kasus korupsi dan menindak tegas para pelaku

Keterangan : Kalimat utama terletak pada awal paragraf.


B. Budi adalah seorang penyanyi yang terkenal di desanya. Selain itu dia juga merupakan ketua pemuda di desa, dia juga aktif di dalam lomba menyanyi antar desa. Bakat menyanyinya kini mulai merambah ke desa-desa tetangga, selain pintar menyanyi dia juga pintar dalam bermain gitar. Budi kini mulai mencoba menekuni profesi sebagai penyanyi profesional.

Keterangan : Kalimat utama terletak pada awal paragraf.

2. Pengertian Paragraf Induktif


Pengertian Paragraf Induktif adalah sebuah paragraf yang biasanya di awali dengan mengungkapkan masalah yang bersifat khusus, dan kemudian di peroleh sebuah kesimpulan akhir yang umum, berisi seluruh peristiwa khusus paragraf sebelumnya. Letak kalimat utama ini biasanya berada di akhir setiap paragraf. Untuk pola kalimat adalah Khusus ke Umum.

Contoh Paragraf Induktif


A. Bintik kecil berwarna kemerahan yang berada sekitar mata dicurigai sebagai gejala penyakit bintitan. Seorang yang terkena penyakit bintitan akan merasakan pegal-pegal di area sekitar mata dan juga akan merasa gatal. Setelah beberapa hari bintik tersebut kemudian membesar serta muncul nanah. Semua gejala penyakit bintitan seperti di atas hendaknya segera dibicarakan ke dokter, walaupun hanya bintit kita tidak boleh menyepelekan penyakit ini.

Keterangan: Kalimat utama berada pada akhir paragraf.

B. Dari Kecamatan Jetis menuju ke arah wisata air terjun ponggok kita bisa menikmati pemandangan alam yang indah. Banyaknya pepohonan di hutan tropis tersebut akan memanjakan mata ditambah dengan suasana sejuk yang sangat menenangkan. Sesampainya di area air terjun, kita bisa melihat curahan air terjun yang sedang mengalir deras. Di bawahnya akan terlihat aliran sungai yang airnya sangat jernih, para pengunjung terlihat menikmati wisata alam tersebut.  Sungguh indah wisata air terjun Cipendok yang alamnya masih alami dan belum terjamah banyak tangan-tangan jahil.

Keterangan: Kalimat utama berada pada akhir paragraf.

3. Pengertian Paragraf Campuran


Pengertian Paragraf Campuran adalah sebuah gabungan dari pola paragraf dekdutif dan paragraf induktif, gagasan utama dalam paragraf ini di sampaikan diawal paragraf, kemudian akan di jelaskan hal-hal khusus dan disimpulkan lagi dengan hal umum.

Contoh Paragraf Campuran


A. Bagi masyarakat Indonesia nasi merupakan sebuah makanan pokok. Nasi adalah makanan pokok bagi setiap masyarakat Indonesia, jika belum makan nasi akan terasa seperti belum makan. Meskipun terdapat banyak makanan pengganti selain nasi, contohnya jagung, sagu, ubi dan lain sebagainya, nasi tetap menjadi makanan favorit bagi setiap masyarakat Indonesia. Oleh karena itu nasi menjadi menu wajib ada di meja makan bagi sebagian besar masyarakat di Indonesia.


B. Bunga melati sangat diminati oleh banyak orang. Selain bunganya yang terlihat cantik, bunga melati juga berbau sangat harum. Bahkan bunga berwarna putih ini biasanya dijadikan sebagai sebuah simbol kesucian. Keharuman bunga ini sangat cocok untuk ditanam sekitar rumah dan cocok menjadi tanaman hias. Oleh karena itu bunga ini merupakan salah satu bunga favorit bagi para pecinta tanaman dan bunga.

Sekian artikel tentang pengertian dan contoh paragraf dekduktif, contoh paragraf induktif, dan contoh paragraf campuran. Semoga artikel ini bermanfaat.

Terimakasih sudah berkunjung.

Baca juga :

Tidak ada komentar

to Top