--> Cara Menghilangkan Suara Serak Dengan 2 Bahan Alami (Ampuh)
Home Artikel Kesehatan

Cara menghilangkan suara serak - Cara menyembuhkan suara serak dengan bahan alami yang bisa kamu lakukan dengan mudah di rumah. Jika kamu mempunyai sebuah hobi bernyanyi dengan sebuah aplikasi seperti smule atau hanya bernyanyi ria biasa, mungkin akan berdampak pada suara kamu menjadi serak ketika kamu bernyanyi dalam waktu yang cukup lama.

Pengertian singkat tentang serak, serak adalah perubahan volume dan nada suara menjadi upnormal atau tidak biasa yang mengakibatkan volume suara menjadi lebih kecil dan berubah dari yang biasanya.

Cara Menghilangkan Suara Serak Dengan Bahan Alami


Cara Menghilangkan Suara Serak
Cara Menghilangkan Suara Serak
Gejala yang bisa menimbulkan suara menjadi serak ada beberapa faktor seperti infeksi virus saluran pada pernafasan, alergi pada tenggorokan, penyakit gastroesophageal reflux, kurang instirahat, faktor usia, terlalu banyak mengkonsumsi minuman berakohol dan berkafein serta terlalu banyak merokok. Untuk itu begini cara menghilangkan suara serak yang paling mudah adalah dengan memgurangi / menghentikan kebiasaan buruk seperti merokok dan lain sebagainya dan tups yang lain adalah dengan berhenti bernyanyi atau berbicara sejenak agar pita suara kamu bisa beristirahat untuk sementara.

Akan tetapi jika kamu yang mempunyai profesi sebagai penyanyi maka tidak mungkin untuk berhenti bernyanyi, karena hal tersebut merupakan sebuah kewajiban. Maka dari itu di artikel kali ini akan membahas bagaimana cara menghilangkan suara serak dengan bahan alami supaya aktifitas menyanyi kamu tidak terganggu.

2 Bahan Alami Untuk Menghilangkan Suara Serak


Terdapat 2 bahan alami yang bisa menyembuhkan atau menghilangkan suara serak yang bisa kamu dapatkan di sekitar tempat tinggal kamu.

1. Berkumur dengan air Garam

Salah satu cara alami untuk menghilangkan suara serak yaitu dengan berkumur air garam. Garam bisa di gunakan untuk membantu mengeluarkan lendir dari tenggorokan atau saluran pernafasan dan di tambah air hangat agar bisa mengurangi iritasi tenggorokan.

Caranya :
  • Siapkan satu gelas air hangat
  • Tuangkan satu sendok makan garam kedalam gelas tersebut
  • Aduk gelas yang berisi air hangat dan garam hingga garam larut
  • Silahkan gunakan air garam tersebut untuk berkumur sebanyak tiga kali sehari.

2. Jahe

Jahe dikenal efektif untuk menyembuhkan atau menghilangkan suara serak. Jahe bisa meredakan peradangan dan menenangkan membran mukosa yang mengelilingi kotak suara. Jahe juga bisa untuk membantu mencegah infeksi pada saluran pernafasan.

Caranya :
  • Siapkan jahe sebanyak 3 iris yang berukuran ibu jari (jempol)
  • Rebus jahe tersebut dengan 2 gelas air (bisa di tambahkan gula atau madu)
  • Setelah mendidih tuang dalam gelas dan minum lah air rebuhan jahe tersebut sebanyak 3 kali sehari
Air jahe sangat baik untuk kesehatan tubuh dan melegakan tenggorokan sehingga suara serak dapat terobati.

Nah itulah cara menghilangkan suara serak dengan 2 bahan alami yang bisa kamu coba dirumah.

Semoga artikel yang sederhana ini bermanfaat bagi kamu dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini. Terimakasih.

Baca juga :

to Top