--> Cara Menghitung Persenan (Lengkap Dengan Contoh Soal)
Home Pendidikan

Cara Menghitung Persenan – Hallo pada kesempatan kali ini saya akan membahas bagaimana cara menghitung persen pada soal pelajaran begitu juga pada kisah nyata dalam kehidupan. Mungkin sebagian di antara kalian tidak tahu bagaimana sih cara menghitung persen? cara atau rumus untuk menghitung persenan termasuk masalah yang perlu kalian kuasai dengan baik, sebab nantinya kalian akan benar - benar membutuhkannya di dalam kehidupan sehari hari.

Jadi pelajari menghitung persenan ini sampai bisa agar jika menerepkan dikehidupan nyata tidak bingung lagi. Materi menghitung persenan / persentase jelas ada di pelajaran dan kehidupan, contohnya pada perdagangan atau usaha jual beli online.

Cara Menghitung Persen Lengkap Dengan Soal



Pada kesempatan ini saya akan berusaha untuk menjelaskan tentang bagaimana cara menghitung persenan. Agar lebih mudah di mengerti, saya juga akan kasih beberapa contoh soal mencari persenan lengkap dengan pengertiannya. Untuk menghitung persenan apa saja rumusnya ? jelas ada rumusnya. Baiklah perhatikan baik - baik ulasanya di bawah ini.

Rumus Menghitung Persen


Persentase (%) = (seluruh/bagian) x 100

Dengan menggunakan sebuah rumus di atas, kalian bisa mengganti rasio ataupun pecahan ke dalam sebuah presentase. Karena Pada intinya, mengalikan sebuah pecahan maupun rasio bisa dengan menggunakan angka 100 yang akan memberikan hasil suatu presentase.

Rumus persen (%) tersebut juga bisa kalian gunakan di dalam menghitung sebuah pecahan dari nilai presentase yang telah kalian ketahui. Agar lebih jelasnya, di bawah ini adalah contoh soal untuk menghitung sebuah presentase.

Berapa hasil jika 50% dari 200 ?

Pembahasan:

50/100 x 200 = 100

Jawaban adalah 50% dari 200 yaitu 100.

Baca juga : Contoh Majas Hiperbola, Personifkasi dan Metafora

1. Contoh Soal pertama Menghitung Persen

Ada sebuah ember yang berisi air sebanyak 400 ml, lalu ditambahkan air lagi sebanyak 40 ml. Berapakah total persen kenaikan volume air di dalam ember tersebut?

Pembahasan:

Persen kenaikan volume air di dalam ember adalah
(40 ml/400 ml) x 100 = 10%

Jadi jawabannya adalah 10%

2. Contoh Soal ke dua Menghitung Persen

Harga sebuah baju batik seharga Rp. 50.000 (lima puluh ribu rupiah) dan ternyata baju batik tersebut mempunyai diskon harga sebanyak 10%, lalu bagaimana cara mencari

10% dari 50.000, dan berapa harga asli dari baju tersebut ?

Cara menghitung persenan I

Nilai persen = [Nilai Persen] : [100] x [Nilai Pecahan]

10 : 100 × 50.000 = 0.1 x 50.000 = 5.000

Cara menghitung persenan II

Nilai persen = [Nilai Persen] x [Nilai Pecahan] : [100]

10 × 50.000/100 = 5.000

Jadi harga baju batik = 50.000 – 5000 = 45,000.

Bagi kamu yang masih bingun cara mengitung ataupun rumus persenan, silahkan lihat video berikut ini

Video Cara Menghitung Persenan Dengan Cepat Dan Mudah



Gimana sudah jelas rumus menghitung persenan serta cara menghitung persenan dengan benar ya. Silahkan kalian coba rumus persen di atas dengan cara membuat sebuah soal persenan yang simpel dulu supaya kalian lebih mudah memahaminya.

Semoga artikel saya yang sederhana ini bermanfaat dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini. Terimakasih atas kunjungannya.

Baca juga :

Tidak ada komentar

to Top