--> Peraturan Permainan Bola Voli yang wajib Kamu tahu
Home Pendidikan

Peraturan Permainan Bola Voli - Dalam sebuah cabang olahraga bola voli, terdapat beberapa peraturan yang wajib kamu ketahui. Tentunya, hal ini akan meningkatkan pengetahuan dan akan melatih kamu supaya menjadi pemain bola voli yang profesional.

Peraturan Permainan Bola Voli Yang Wajib Kamu Tahu


Peraturan Permainan Bola Voli
Peraturan Permainan Bola Voli

Peraturan dalam sebuah olahraga bola voli standar internasional wajib ada, sebuah organisasi yang akan menjadi tolak ukur untuk standar dalam pengambilan sebuah keputusan di dalam permainan bola voli.

Olahraga bola voli diawasi oleh sebuah organisasi yang bernama FIVB "Federation Internationale De Volleyball" organisasi tersebut merupakan induk organisasi internasional dari cabang olahraga bola voli, sedangkan untuk indonesia olah raga bola voli diawasi oleh PBVSI "Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia".

Beberapa Peraturan Dalam Permainan Bola Voli Yang Wajib Kamu Ketahui

Peraturan permainan bola voli:

  1. Pada sebuah sistem pertandingan bola voli memakai aturan setengah kompetisi yang di dalamnya terdapat 8 tim yang dibagi menjadi 2 group, dan setiap group tersebut terdiri dari 4 tim.
  2. Maksimal jumlah pemain di dalam pertandingan resmi bola voli standar Internasional dalam satu tim terdapat 10 orang, dan yang boleh bermain di lapangan hanya 6 orang sedangkan 4 orang sebagai pemain cadangan.
  3. Ketika pertandingan sedang berlangsung pelatih boleh mengganti pemain inti dengan pemain cadangan dan tidak ada batasan untuk jumlah pergantian pemain tersebut.
  4. Jika terdapat seorang atau lebih dari tim satu anggota tim yang sedang melakukan sebuah pertandingan untuk cabang olahraga lain, maka pertandingan tidak akan ditunda.
  5. Di dalam sebuah pertandingan bola voli jumlah minimal pemain yang diperbolehkan untuk bermain di lapangan dalam satu tim hanya 6 orang.
  6. Jika saat bertanding ada satu tim yang jumlah pemainnya kurang dari 6 orang, maka tim akan dianggap kalah oleh panitia pertandingan.
  7. Ketika pertandingan bola voli berlangsung harus melewati 3 babak "best of three", dan misalnya pada babak pertama dan kedua telah dimenangkan oleh salah satu tim maka pertandingan babak ke tiga tidak perlu dilaksanakan.
  8. Di dalam pertandingan bola voli sistem perhitungan skor atau angka menggunakan rally point maksimal pada 25 point.
  9. Jika pada saat pertandingan berlangsung kedua tim mendapatkan poin yang sama yaitu "24 – 24", maka pertandingan akan ditambah 2 poin. Tim yang pertama berhasil unggul dengan selisih 2 poin maka akan memenangkan pertandingan bola voli.
  10. Sebuah tim akan mendapatkan nilai 1 jika memenangkan permainan saat pertandingan penyisihan.
  11. Jika kedua tim atau lebih mendapatkan nilai yang sama, maka panitia dalam pertandingan akan menentukan pemenang juara group dan runner-up dari kualitas angka yang di dapat dari setiap set pada pertandingan sebelumnya.
  12. Di dalam pertandingan bola voli setiap akan mengakhiri babak, tim diwajibkan bertukar posisi lapangan. jika kedua tim telah mencapai babak ketiga, maka tim yang memperoleh angka terendah dapat meminta kepada wasit untuk bertukar posisi lapangan. Hal ini bisa dilakukan jika poin telah mencapai angka 13.
  13. Setiap tim diperbolehkan untuk meminta waktu time out dan hanya bisa dilakukan 1 kali dalam setiap babak.
  14. Wasit memberikan waktu time out hanya dalam waktu 1 menit.


Baca Juga :
Ukuran Lapangan Basket, Ring Bola Basket
Ukuran Lapangan Bulu Tangkis
Ukuran Lapangan Bola Voli Tiang Dan Net


Nah itu dia peraturan permainan bola voli, semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menambah pengetahuanmu tentang olahraga bola voli. Terimakasih sudah berkunjung.

Baca juga :

to Top