--> Ukuran Lapangan Basket dan Ring Bola Basket Lengkap
Home Pendidikan

Ukuran Lapangan Basket - Sebelum kita membahas berapa ukuran lapangan bola basket alangkah baiknya kita mengetahui pengertian singkat tentang bola basket, agar kita bisa mengenal lebih dalam tentang permainan bola basket ini. Oke langsung saja.

Pengertian Nama-Nama Permainan Basket 


Permainan basket merupakan sebuah olahraga berkelompok yang terdiri dari 2 tim berlawanan dengan anggotanya yang masing-masing berjumlah 5 orang, tujuan permainan basket ini adalah setiap tim harus mendapatkan poin sebanyak-banyaknya dengan cara memasukkan bola basket ke dalam ring tim lawan.

Sebuah Pertandingan basket diadakan di dalam ruangan yang memiliki ukuran lapangan bola basket, ukuran lapangan tersebut memiliki panjang 28,5 meter serta lebar 15 meter.

Posisi utama di dalam permainan bola basket yaitu posisi Forward, forward bertugas untuk mencetak poin dengan cara memasukkan bola ke dalam ring tim lawan.
Defense adalah seorang pemain bertahan bola basket yang bertugas menghadang pemain dari tim lawan.
Dan yang terakhir Playmaker merupakan pemain yang memegang peran untuk mengatur alur bola dan merancang sebuah strategi di dalam permainan.

Ukuran Lapangan Basket dan Ring Bola Basket Lengkap


Gambar Ukuran Lapangan Basket Ring Bola Basket
Ukuran Lapangan Basket Ring Bola Basket

Sebuah Lapangan basket mempunyai bentuk persegi panjang dengan 2 standar ukuran, yaitu untuk ukuran panjang 28,5 meter dan ukuran lebar 15 meter.

Untuk ukuran lapangan bola basket standar National Basketball Association, serta panjang 26 meter dan lebar 14 meter untuk ukuran standar Federasi Bola Basket Internasional.

Terdapat tiga buah lingkaran yang berada di dalam lapangan basket yang memiliki panjang jari-jari 1,80 meter.

Panjang garis tengah lingkaran pada sebuah lapangan basket berukuran 1,80 meter dengan ukuran lebar garis 0,05 meter dan untuk panjang garis akhir lingkaran daerah serang berukuran 6 meter. Sedangkan untuk panjang garis tembakan hukuman berukuran 3,60 meter.

Gambar Ukuran Lapangan Basket
Ukuran Lapangan Basket

Jarak antara lantai sampai ke papan pantul bagian bawah berjarak 2,75 meter. Sementara untuk jarak antara papan pantul bagian bawah sampai ke ring basket berjarak 0,30 meter.

Sebuah ring basket mempunyai panjang 0,40 meter dan jarak tiang penyangga sampai ke garis akhir mempunyai jarak 1 meter.

Gambar Ukuran Ring Bola Basket
Ring Bola Basket

Panjang sebuah papan pantul pada bagian luar berukuan 1,80 meter sedangkan untuk lebar papan pantul bagian luar berukuran 1,20 meter. Dan untuk panjang papan pantul bagian dalam berukuran 0,59 meter sedangkan untuk lebar sebuah papan pantul bagian dalam berukuran 0,45 meter.

Nah itulah ukuran lapangan basket dan ring bola basket, semoga artikel ini bermanfaat. Terimakasih sudah berkunjung.

Baca juga :

Tidak ada komentar

to Top